Wajib Tahu! inilah Istilah-istilah di Seputar Dunia Logistik

Seiring dengan perkembangan dunia bisnis yang cukup pesat, semakin ketat pula persaingan bisnis antara suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Banyak perusahaan-perusahaan baru yang berinovasi dan menawarkan jasa untuk mengakomodasi persaingan bisnis antar perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa logistik.

Jasa logistik kini memegang peranan penting dalam perkembangan suatu perusahaan, bahkan logistik memegang peranan penting dalam perekonomian dunia. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui istilah-istilah yang digunakan dalam dunia logistik, agar kita dapat lebih memahami apa saja yang perlu kita perhatikan dalam menggunakan jasa logistik.

Buat kamu yang setiap harinya di dunia logistik, wajib banget tahu istilah-istilah ini! Ayo belajar bareng @radologistik. Istilah mana yang baru kamu tau ?

1. Mother Vessel

Mother Vessel

mother vessel adalah sebagai pengangkut kontainer-kontainer besar dan mengirimkannya hanya ke pelabuhan utama. Kapasitas dari kapal induk juga bervariasi. Karena dirancang untuk mengangkut barang dengan jumlah besar, kapasitas kapal induk bisa mencapai ribuan bahkan ratusan ribu ton.

Beberapa kapal induk dapat mengangkut barang dengan kapasitas hingga 400.000 ton. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kapasitas kapal induk di antaranya:

Ukuran dan jenis kapal:

tentunya semakin besar ukuran kapan, maka kapasitasnya semakin besar. Biasanya kapal induk memiliki ukuran panjang lebih dari 300 meter dan lebar melebihi 40 meter. Terdapat juga beberapa dek untuk memuat barang.

  1. Bobot kapal: faktor lain yang mempengaruhi adalah berat kapal itu sendiri. Bobot kapal yang lebih besar biasanya mampu membawa lebih banyak muatan.
  2. Bentuk kapal: kapal dengan bentuk yang efisien dapat memuat lebih banyak barang.
  3. Konfigurasi kargo: konfigurasi kargo berkaitan dengan fasilitas tambahan, seperti crane atau conveyor, yang dapat memudahkan pemindahan barang.

Fungsi Mother Vessel dalam Industri Logistik

Dalam dunia ekspor – impor, mother vessel memiliki peranan penting, khususnya terkait pengiriman barang dan komoditas perdagangan dalam jumlah besar, serta membutuhkan pengolahan atau proses khusus sebelum memasarkannya.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa contoh fungsi mother vessel dalam dunia ekspor impor:

Sarana Transportasi Komoditas Mentah

Kapal induk berguna sebagai pengangkut komoditas mentah dari satu negara ke negara lainnya, seperti batu bara, bijih besi, atau bahan tambang lainnya. Kapal berukuran kecil yang membawa komoditas mentah dari tambang atau pelabuhan kecil dapat membawanya ke kapal induk di laut, kemudian bahan mentah tersebut akan melalui pengolahan atau pemrosesan sesuai kebutuhan pelanggan. Hal ini bertujuan agar memudahkan sarana transportasi selanjutnya serta mempercepat proses pengolahan bahan mentah agar dapat segera dipasarkan.

Mengirimkan Hasil Perikanan

Fungsi mother vessel lainnya adalah berguna untuk mengirimkan hasil perikanan untuk mengekspor atau impor dari dan/ke berbagai negara. Kapal-kapal kecil yang menangkap hasil laut dapat mengirimkan hasil tangkapannya ke kapal induk, untuk memproses dan mengolahnya agar cepat tersedia untuk dipasarkan.

Menjadi Fasilitas Produksi

Fungsi lainnya adalah dapat menjadi fasilitas produksi untuk produk tertentu sebelum melakukan ekspor. Misalnya, kapal induk memiliki fasilitas mesin pengering untuk mengeringkan buah-buahan atau sayuran sebelum pengemasan dan mengirimkannya ke luar negeri.

2. Dry Storage

General Purpose Container atau “Dry Storage Container”. Kontainer ini umumnya sering berguna untuk kalangan industri sebagai container serbaguna. Container ini berguna sebagai pengiriman barang kering dan tersedia dalam ukuran 10 ft, 20 ft, dan 40 ft (High Cube).

Kontainer ini mempunyai 1 akses pintu dan tertutup. Tahan terhadap unsur-unsur cuaca dengan atap dinding samping dan lantai yang kaku. Container dry sejauh ini merupakan yang paling umum. Sehingga kontainer ini berguna untuk memuat sebagian besar jenis kargo normal. Selain itu General Purpose Container ini dapat memiliki adaptasi seperti liner bags atau flexi tank untuk pengiriman beberapa jenis kargo curah cair atau curah kering,

Kontainer tipe ini serba guna, dibuat menggunakan baja Corten yang sangat kuat, mengikuti standar ISO, dan dilengkapi dengan pelat CSC (untuk kontainer baru) yang valid. Ciri-ciri tersebut membuatnya tahan cuaca, anti hama, tahan gempa. Dengan ukuran standar, kontainer ini sangat mudah untuk diangkut dengan truk, kereta api atau kapal laut.

3. Port To Door

Port To Door

Layanan port to door adalah jasa layanan kargo yang diberikan kepada shipper dengan moda port to door atau dari port ke warehouse.

Dalam kegiatan services ini tidak ada kegiatan penjemputan di lokasi customer, sehingga pihak shipper atau pengirim mengantarkan barang kirimannya ke tempat jasa pengiriman barang baik itu warehouse ataupun pelabuhan barang.

Siapa Saja yang Cocok Menggunakan Jasa Pengiriman Port to Door?
  1. Pebisnis retail (punya beberapa gudang / outlet di Jawa, Bali , Kalimantan dan Sulawesi)
  2. Unit bisnis yang tidak mempunyai bagian logistik untuk pengantaran
  3. Pengusaha UMKM
  4. Pengirim milik personal / individu
  5. Expedisi yang belum punya lintas Jawa, Bali , Kalimantan dan Sulawesi
Syarat dan Ketentuan Jasa Pengiriman Port to Door
  • Menjemput dan mengantar ke tempat Customer minimum penjemputan barang 100 kg
  • Lokasi penjemputan bisa dilewati mobil box
  • Lokasi Pengiriman bisa dilewati mobil box
  • H-1 booking penjemputan

4. Voy (Voyage) : Nomor keberangkatan kapal

Nomor keberangkatan kapal yang biasa disingkat dengan V. atau Voy.. Nomor keberangkatan harus selalu ada di belakang nama Kapal.

Voy Number atau Voyage number adalah nomor keberangkatan kapal pengirim barang. Biasanya nomor keberangkatan kapal atau biasa disingkat Voy. tertera dibelakang nama kapal. Contoh : TZ Glory V.24 artinya nama kapal TZ Glory dengan nomor keberangkatan kapal 24.

 

 

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan menarik lainnya hanya di Rado Logistik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *